Senin, 18 September 2017

Laporan Prakerin

Laporan Prakerin


LAPORAN
PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
               (PRAKERIN)            
DI DINAS PENDIDIKAN,PEMUDA, DAN OLAHRAGA
KABUPATEN REMBANG
Image result for logo smk nu lasem

Tanggal 1 Maret 201726 Mei 2017
Laporan ini dibuat sebagai salah satu syarat telah mengikuti Prakerin
Disusun oleh :
Nama                                     : Muyasaroh
NIS                                         : -
Kelas                                      : XI
Kompetensi Keahlian             : Administrasi Perkantoran



LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
SMK NU LASEM
PROGAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN


LEMBAR PENGESAHAN


LAPORAN
PELASKSANAAN PRATIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA, DAN OLAHRAGA KABUPATEN REMBANG


Tanggal 1 Maret 201726 Mei 2017







Lasem, 26 Mei 2017
Pembimbing DU/DI                                                                   Pembimbing Sekolah


Muhammad Basroh, S.Pd                                                       Sukanah, S.Pd


Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK NULasem


Arif Dimyati, S.Ag




KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-NYA kepada penulis, sehingga penulisan Laporan Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di Dinas Pendidikan, pemuda, dan olahraga Kab. Rembang dapat terselesaikan dengan baik. Laporan ini dapat terselesaikan atas bantuan dan bimbingan dari semua pihak. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepasa semua  pihak yang ikut membantu dalam menyelesaikan laporan ini, terutama kepada :

1.    Bapak Arif Dimyati, S.Ag, selaku Kepala Sekolah SMK NU Lasem
2.    Muhammad Basroh, S.Pd, selaku pembimbing DU/DI
3.    Sukanah, S.Pd, selaku pembimbimbing Sekolah
4.    Bapak/Ibu Guru SMK NU Lasem yang telah membimbing kami
5.    Seluruh staf  karyawan dan karyawati SMK NU Lasem
6.    Seluruh staf karyawan dan karyawati Dinas Pendidikan, pemuda, dan olahraga Kab. Rembang

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan laporan ini sangat penulis harapkan. Mudah-mudahan laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.


Rembang, 26 Mei 2017
Praktikan,


Muyasaroh



DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL............................................................................................................i
LEMBAR PENGESAHAN..................................................................................... ii
KATA PENGANTAR.........................................................................................................iii
DAFTAR ISI.....................................................................................................................iv
BAB I. PENDAHULUAN
            1.1.        Latar Belakang.............................................................................................. ………….1   
            1.2.        Tujuan Pelaksanaan Prakerin..............................................................................2
            1.3.        Tujuan Pembuatan Laporan Prakerin..................................................................2
BAB II. PROFIL PERUSAHAAN
2.1.      Sejarah Perusahaan...............................................................................3   
2.2.      Visi dan Misi Perusahaan.......................................................................4
2.3.      Struktur Organisasi.................................................................................4
BAB III. PROSES PELAKSANAAN
3.1.      Waktu dan Tempat Pelaksanaan...........................................................5
3.2.      Alat dan Bahan.......................................................................................5   
3.3.      Gambar Kerja.........................................................................................6
3.4.      Proses Pengerjaan.................................................................................7
3.5.      Implementasi Keselamatan Kerja...........................................................8
3.6.      Hasil yang dicapai...................................................................................9
BAB IV. HASIL ANALISA
4.1.      Keterlaksanaan (Faktor Pendukung dan pengahambat)........................10
4.2.      Manfaat yg dirasakan..............................................................................11
4.3.      Pengembangan/Tindak Lanjut................................................................12
BAB V. PENUTUP
5.1.      Kesimpulan..............................................................................................13
5.2.      Saran.......................................................................................................14





BAB 1
PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang
            Sekolah menengah kejuruan sebagai salah satu sub masalah pendidikan nasional, memiliki kedudukan sangat penting dalam fungsi menyiapkan tenaga kerja terampil untuk menunjang sistem pendidikan nasional. Upaya penyiapan tenaga kerja yang terampil sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri, didekati penyelenggaraan kegiatan Praktik Kerja Industri ( Prakerin).
            Pada dasarnya Praktik Kerja Industri ( Prakerin) merupakan penyelenggaraan yang mengintegrasi secara tersistem pendidikan dunia usaha dan dunia industri. Pengintegrasian kegiatan pendidikan ini akan menghilangkan perbedaan standar nilai sekolah dan dunia kerja sekaligus mendekatkan supply dan demand ketenaga kerjaan.
            Oleh karena itu, dengan kurikulum yang diterapkan di sekolah-sekolah pada umumnya dan terutama SMK. Pada akhir semester II ini siswa SMK diwajibkan untuk mengikuti Praktik Kerja Industri ( Prakerin ).
            Kegiatan ini juga merupakan salah satu persyaratan di SMK agar siswa dapat membandingkan antara materi di sekolah dengan dunia kerja.

1.2.Tujuan Pelaksanaan Prakerin
     1. Menerapkan secara langsung teori pembelajaran dengan kegiatan praktek kerja nyata.
     2. Mengetahui dan mengamati langsung aktivitas di Dinas Pendidikan untuk mempelajari menganalisa dan memberikan pemecahan masalah yang dihadapi didunia kerja.
3. Menambah wawasan dan pengetahuan dalam dunia kerja.
4. Mempersiapkan diri mengahadapi dunia kerja.
5. Sebagai wujud implementasi antar dunia kerja dan dunia pendidikan.



1.3. Tujuan Pembuatan Laporan
     1. Mampu mengungkapkan gagasan/pengalaman dalam bentuk tulisan tersusun secara sistematik/kronologi dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.
     2. Mampu mencari alternatif pemecahan masalah kejuruan sesuai dengan program studinya yang terungkap dalam laporan tertulis.
     3. Memberikan informasi tentang perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK ) dari dunia usaha/ dunia industri ( DU/DI ).



BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
2.1. Sejarah Perusahaan
        Pada tahun 1984-1988 Depdikbud Kab. Rembang di pimpin oleh Soenardi, BA. Setelah itu, di gantikan oleh Drs. Temuhadi pada tahun 1988-1991. Kemudian pada  tahun 1991-1992 Depdikbud Kab. Rembang di pimpin oleh Soebawi, BA. Pada tahun 1992 di pimpin oleh Drs. H. Subarjo. Lalu pada tahun 1995-1999 di pimpin oleh Drs. Suyatno. Setelah itu depdikbud diganti dengan sebutan nama Depdiknas pada tahun 2001-2007 yang di pimpin oleh Drs. Sadono. Pada tahun 2007-2010 Depdiknas di pimpin oleh Drs. Noor Efendi. Kemudian pada tahun 2010-2013 di pimpin oleh Drs. Dandung Dwi Sucahyo. Dan pada tahun 2017 Dinpendik berganti nama menjadi  Dindikpora yang di pimpin oleh Drs. Akhsanudin

2.2. Visi dan Misi Perusahaan
Visi
Menjadikan pendidikan yang merata, bermutu dan berdaya saing tinggi.
Misi
      1.    Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan secara efektif dan efisien, berdasarkan prinsip, transparansi, akuntabilitas, dan partisipatif.
      2.    Memberikan pelayanan pendidikan yang merata untuk semua.
      3.    Menyelenggarakan pendidikan yang dapat menumbuhkan jiwa kreatif, inovatif dan beretos kerja tinggi serta berbudi lihur.
      4.    Menumbuhkembangkan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan.





2.3. Struktur Organisasi
STRUKTUR ORGANISASI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN REMBANG
Jl. Pemuda Km. 2 Rembang          Telp.0295-691326 Rembang 59218
            PERDA : 12 th 2008

Nama
Jabatan
Drs. Akhsanudin
Plt. Kadinas
Mardi, S.Pd
Plt. Sekretaris
Nugroho Tri Hutomo, ST.MSc.MEng
Subag Program
Dra. Wiwik Gunarsih
Subag Keuangan
Asrodin, SE
Subag Umum dan Kepegawaian
Agung Ratih K, S. Psi
Bidang pembinaan PAUD dan PNF
Hariyanto, S.Pd, M.Si
Seksi kurikulum dan penilaian
Hadi Subeno, SE, M.Si
Seksi kelembagaan, sarana, dan prasarana
Sujatmiko, S.Pd,MM
Seksi peserta didik dan Pembangunan karakter
Bambang Irawan, M.Pd
Bidang pembinaan SD
Muhammad Basroh, S.Pd
Seksi kurikulum dan penilaian
Susanto,S.Pd
Seksi kelembagaan, sarana, dan prasarana
Agus Sugiyanto,S.Pd, M.Si
Seksi peserta didik dan Pembangunan karakter
Drs. Achmad Sholchan, M.Pd
Bagian pembinaan SMP
Dra. Chotimah
Seksi kurikulum dan penilaian
Supriyanto,S.Pd
Seksi kelembagaan, sarana, dan prasarana
Khoifin,S,Sos
Seksi peserta didik dan Pembangunan karakter
Budiyono,S.Pd
Bidang Pembinaan Ketenagaan
Mursidah Suryati, SH
Seksi PTK PAUD dan PNF
Widi Sanyoto, S.Pd
Seksi PTK SD
Sami’un, S.Pd,MM
Seksi PTK SMP
Ir. Suharto
Bidang pembinaan pemuda dan olahraga
Nur Rofik, S.Pd, MM
Seksi kepemudaan
Hariyanto, SE
Seksi keolahragaan




                                              
BAB III
PROSES PELAKSANAAN
3.1. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
3.1.A. Waktu Pelaksanaan
     Pelaksanaan Praktik Kerja Industri ( Prakerin ) ditetapkan oleh sekolah mulai tgl 1 Maret 2017 s.d 26 Mei 2017, adapun jadwal kegiatan adalah
Hari                : Senin s.d. Jum’at
Pukul             : - Senin s.d. Kamis Pukul 07.00 s.d 14.00
- Jum’at Pukul 07.00 s.d 11.00
3.1.B. Waktu Berakhirnya
Hari               : Jum’at
Tanggal         : 26 Mei 2017

3.1.C.Tempat Pelaksanaan
Nama Instansi          : Dinas Pendidikan, Pemuda, Dan Olahraga Kabupaten Rembang
Alamat                       : Jl. Pemuda Km. 2 Rembang
No. tlp                        : (0295) 691326

3.2. Alat dan Bahan
1. Bolpoint
2. Penggaris
3. Buku
4. Tipe-X
5. Stapler
6. Staples
7. Penjepit Kertas
8. Komputer / Laptop
9. Printer
10. Kertas
11. Tinta
12. StopMap

3.3 Gambar Kerja

1. Menyiapkan rapat
Menyiapkan tempat rapat - menyiapkan daftar hadir - jika ada SPPD mintakan Ttd dan stempel.
2.  Menerima telepon
Mengangkat telepon - mengucapkan salam - menanyakan siapa dan dari mana - menanyakan              keperluan menelepon - memberikan kepada staf yang di tuju.


3.4. Proses Pekerjaan      
a. Membantu menyiapkan rapat
b. Membantu scan
c. Foto copy
d. Meminta nomor surat di bagian umum
e. Mengantarkan surat
f. Mengetik daftar hadir

3.5. Implementasi Keselamatan Kerja
Keselamatan kerja di DINDIKPORA Kab. Rembang sangatlah mengutamakan keselamatan kerja. Terbukti apa yang di harapkan di sekolah tentang keselamatan kerja baik secara teori maupun secara praktek, ternyata di DINDIKPORA lebih cenderung ke implementasi prakteknya. Berikut adalah penerapan keselamatan kerja di DINDIKPORA Kab.Rembang antara lain: a. Adanya AC & kipas angin di ruangan.  
b.Habis kerja barang di taruh pada tempat semula.

3.6. Hasil yang dicapai
            Setelah selesai kegiatan sesuai dengan yang di rencanakan dan yang kami susun untuk mendukung tercapainya tujuan, maka hasil yang kami capai telah selesai berjalan lancar meskipun terdapat kendala yang di hadapi. Kami berharap dengan adanya prakerin akan memiliki keahlian profesional sesuai kurikulum sekolah sehingga tamatan SMK di harapkan mempunyai ketrampilan, untuk terjun ke dunia kerja dan mampu bersaing di era globalisasi ini dan menambah wawasan bagi kami dengan adanya prakerin memperluas mental sebelum bekerja dan mengerti bagaimana kerja dan menangani masalah dalam mendiagnosa terlebih dahulu



 BAB IV
HASIL ANALISA
4.1.Keterlaksanaan
     4.1.a. Faktor Pendukung
Faktor pendukung yang ada di DINDIKPORA Kab. Rembang dalam pelaksanaan  prakerin antara lain:
a. Fasilitas peralatan yang ada sangat mendukung.  
b. Pembimbingan kepada peserta prakerin oleh pihak usaha sangat baik.
c. Ruangan cukup luas.
d. Peralatan yang memadai.
e. Para pegawai yang ramah
     4.1.b. Faktor Penghambat
a. Di tempat praktek kadang-kadang tidak ada pekerjaan.  

4.2. Manfaat Yang Dirasakan
Melalui pelaksanaan praktek kerja industri ( prakerin ) ada beberapa manfaat yang dirasakan antara lain :
1. Mempraktekan teori dan praktek yang didapatkan di sekolah dalam dunia kerja.
2. Menambah wawasan dalam dunia kerja.
3. Meningkatkan kedewasaan siswa.
4. Mengetahui seluk beluk dunia kerja.
5. Lebih disiplin.
6. Mengetahui dalam menangani problem yang dialami dalam praktek.
7. Dapat mengetahui secara professional penanganan surat.
8. Mengetahui cara bagaimana menghormati tamu/pengunjung.


4.3. Pengembangan atau Tindak Lanjut
1. Akan mengembangkan lagi di sekolah sesuai dengan apa yang telah didapatkan di dunia usaha dan industry.
2. Akan mengamalkan apa yang didapatkan di tempat praktek kepada teman-teman.
3. Mengusulkan kepada sekolah agar meningkatkan lagi kemampuan siswa dalam menghadapi pelaksanaan prakerin.
4. Lebih mempraktekan lagi yang didapat dalam prakerin.
5. Bersama teman-teman mempraktekan apa yang sudah didapat
6. Lebih baik dalam mengatasi masalah yang di hadapi kurikulum yang kita geluti.


  

BAB V
PENUTUP
a.     Kesimpulan
Pembelajaran di dunia kerja dan industri adalah suatu strategi yang memberi peluang kepada peserta mengalami proses belajar melalui bekerja langsung pada pekerjaan sesungguhnya. Dengan adanya prakerin penulis dapat merasakan bagaimana pelaksanaan praktek langsung di lingkungan dunia kerja yang langsung di bimbing oleh pihak perusahaan.  
Bahkan kami dapat mengukur sejauh mana penguasaan ilmu yang di dapatkan di sekolah. Di DINDIKPORA Kab. Rembang setelah melaksanakan prakerin selama kurang lebihnya 3 bulan dari tanggal 1 Maret sampai 26 Mei 2017 kami dapat menyimpulkan beberapa hal sebagai berikut :
1. Selama pelaksanaan prakerin saya mendapatkan ilmu baru dalam mengoprasikan computer.
2. Mengenal beberapa karakter pengunjung sehingga nantinya tidak akan kaget dalam menghadapi dunia kerja .
3. Mendapatkan pengetahuan dalam lingkup kerja yang sebenarnya

b.     Saran
a).Saran untuk pihak industri.
1. Memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen bagi kepuasan konsumen. 
2. Mungkin perlu di adakannya absen rutin bagi karyawan.
3. Lebih bisa menghargai mahasiswa ataupun siswa prakerin.  
b). Saran untuk sekolah.
1. Memberi bekal ilmu lebih banyak kepada siswa sebelum prakerin.
2. Lebih memperhatikan siswa yang sedang melaksanakan prakerin.
3. Meninjau kegiatan-kegiatan apa saja yang di lakukan siswa saat melaksanakan prakerin.

1 komentar:

  1. Top 100 casino games to play - DrMCD
    The 통영 출장샵 games included include Blackjack, 나주 출장샵 Roulette, Roulette, Video Poker, Keno, Video Poker, and video 김포 출장안마 slots. You can also 경상남도 출장샵 bet on the best games 전주 출장마사지 from your

    BalasHapus