Laporan Prakerin
LAPORAN
PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
DI DINAS PENDIDIKAN,PEMUDA, DAN OLAHRAGA
KABUPATEN REMBANG

Tanggal 1 Maret 2017 – 26 Mei 2017
Laporan ini dibuat sebagai salah satu syarat telah
mengikuti Prakerin
Disusun oleh :
Nama
: Muyasaroh
NIS
: -
Kelas
: XI
Kompetensi
Keahlian : Administrasi
Perkantoran
LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
SMK NU LASEM
PROGAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN
PELASKSANAAN PRATIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI DINAS PENDIDIKAN,
PEMUDA, DAN OLAHRAGA KABUPATEN REMBANG
Tanggal 1
Maret 2017 – 26 Mei 2017
Lasem, 26 Mei 2017
Pembimbing
DU/DI
Pembimbing
Sekolah
Muhammad Basroh, S.Pd
Sukanah, S.Pd
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK NULasem
Arif Dimyati, S.Ag
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah atas kehadirat
Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-NYA kepada penulis, sehingga
penulisan Laporan Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di Dinas
Pendidikan, pemuda, dan olahraga Kab. Rembang dapat terselesaikan dengan baik.
Laporan ini dapat
terselesaikan atas bantuan dan bimbingan dari semua pihak. Untuk itu penulis
mengucapkan terima kasih kepasa semua pihak yang ikut
membantu dalam menyelesaikan laporan ini, terutama kepada :
1. Bapak Arif
Dimyati, S.Ag, selaku Kepala Sekolah SMK NU Lasem
2. Muhammad
Basroh, S.Pd, selaku pembimbing DU/DI
3. Sukanah, S.Pd,
selaku pembimbimbing Sekolah
4. Bapak/Ibu Guru
SMK NU Lasem yang telah membimbing kami
5. Seluruh
staf karyawan dan karyawati SMK NU Lasem
6. Seluruh staf karyawan dan karyawati
Dinas Pendidikan, pemuda, dan olahraga Kab. Rembang
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini masih jauh
dari sempurna. Untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan
laporan ini sangat
penulis harapkan. Mudah-mudahan laporan
ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.
Rembang,
26 Mei 2017
Praktikan,
Muyasaroh
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL............................................................................................................i
LEMBAR
PENGESAHAN..................................................................................... ii
KATA
PENGANTAR.........................................................................................................iii
DAFTAR
ISI.....................................................................................................................iv
BAB I. PENDAHULUAN
1.1.
Latar
Belakang.............................................................................................. ………….1
1.2.
Tujuan
Pelaksanaan Prakerin..............................................................................2
1.3.
Tujuan
Pembuatan Laporan Prakerin..................................................................2
BAB II. PROFIL PERUSAHAAN
2.1.
Sejarah Perusahaan...............................................................................3
2.2.
Visi dan Misi Perusahaan.......................................................................4
2.3.
Struktur Organisasi.................................................................................4
BAB III. PROSES
PELAKSANAAN
3.1.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan...........................................................5
3.2.
Alat dan Bahan.......................................................................................5
3.3.
Gambar Kerja.........................................................................................6
3.4.
Proses Pengerjaan.................................................................................7
3.5.
Implementasi Keselamatan Kerja...........................................................8
3.6.
Hasil yang dicapai...................................................................................9
BAB IV. HASIL
ANALISA
4.1.
Keterlaksanaan (Faktor Pendukung dan pengahambat)........................10
4.2.
Manfaat yg dirasakan..............................................................................11
4.3.
Pengembangan/Tindak Lanjut................................................................12
BAB V. PENUTUP
5.1.
Kesimpulan..............................................................................................13
5.2.
Saran.......................................................................................................14
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Sekolah menengah kejuruan sebagai salah satu sub masalah pendidikan nasional,
memiliki kedudukan sangat penting dalam fungsi menyiapkan tenaga kerja terampil
untuk menunjang sistem pendidikan nasional. Upaya penyiapan tenaga kerja yang
terampil sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri, didekati
penyelenggaraan kegiatan Praktik Kerja Industri ( Prakerin).
Pada dasarnya Praktik Kerja Industri ( Prakerin) merupakan penyelenggaraan yang
mengintegrasi secara tersistem
pendidikan
dunia usaha dan dunia industri. Pengintegrasian kegiatan pendidikan ini akan
menghilangkan perbedaan standar nilai sekolah dan dunia kerja sekaligus
mendekatkan supply dan demand ketenaga kerjaan.
Oleh karena itu, dengan kurikulum yang diterapkan di sekolah-sekolah pada
umumnya dan terutama SMK. Pada akhir semester II ini siswa SMK diwajibkan untuk
mengikuti Praktik Kerja Industri ( Prakerin ).
Kegiatan ini juga merupakan salah satu persyaratan di SMK agar siswa dapat
membandingkan antara
materi di sekolah dengan dunia kerja.
1.2.Tujuan
Pelaksanaan Prakerin
1. Menerapkan secara langsung teori pembelajaran dengan
kegiatan praktek kerja
nyata.
2. Mengetahui dan mengamati langsung aktivitas di
Dinas Pendidikan untuk
mempelajari
menganalisa dan memberikan pemecahan masalah yang dihadapi didunia kerja.
3. Menambah wawasan dan pengetahuan dalam dunia kerja.
4. Mempersiapkan diri mengahadapi dunia kerja.
5. Sebagai wujud implementasi antar dunia kerja dan dunia
pendidikan.
1.3. Tujuan Pembuatan Laporan
1. Mampu
mengungkapkan gagasan/pengalaman dalam bentuk tulisan tersusun secara
sistematik/kronologi dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2. Mampu mencari
alternatif pemecahan masalah kejuruan sesuai dengan program studinya yang
terungkap dalam laporan tertulis.
3. Memberikan informasi tentang perkembangan Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK ) dari dunia usaha/ dunia industri ( DU/DI ).
BAB II
PROFIL
PERUSAHAAN
2.1. Sejarah Perusahaan
Pada tahun 1984-1988 Depdikbud Kab. Rembang di pimpin oleh Soenardi, BA. Setelah
itu, di gantikan oleh Drs. Temuhadi pada tahun 1988-1991. Kemudian pada tahun 1991-1992 Depdikbud Kab. Rembang di
pimpin oleh Soebawi, BA. Pada tahun 1992 di pimpin oleh Drs. H. Subarjo. Lalu
pada tahun 1995-1999 di pimpin oleh Drs. Suyatno. Setelah itu depdikbud diganti
dengan sebutan nama Depdiknas pada tahun 2001-2007 yang di pimpin oleh Drs.
Sadono. Pada tahun 2007-2010 Depdiknas di pimpin oleh Drs. Noor Efendi.
Kemudian pada tahun 2010-2013 di pimpin oleh Drs. Dandung Dwi Sucahyo. Dan pada
tahun 2017 Dinpendik berganti nama menjadi
Dindikpora yang di pimpin oleh Drs. Akhsanudin
2.2. Visi dan Misi Perusahaan
Visi
Menjadikan pendidikan yang merata, bermutu dan berdaya
saing tinggi.
Misi
1. Menyelenggarakan
pengelolaan pendidikan secara efektif dan efisien, berdasarkan prinsip,
transparansi, akuntabilitas, dan partisipatif.
2. Memberikan
pelayanan pendidikan yang merata untuk semua.
3. Menyelenggarakan
pendidikan yang dapat menumbuhkan jiwa kreatif, inovatif dan beretos kerja
tinggi serta berbudi lihur.
4. Menumbuhkembangkan
peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan.
2.3. Struktur Organisasi
STRUKTUR ORGANISASI DINAS PENDIDIKAN
KABUPATEN REMBANG
Jl. Pemuda Km. 2
Rembang Telp.0295-691326
Rembang 59218
PERDA : 12 th 2008
Nama
|
Jabatan
|
Drs. Akhsanudin
|
Plt. Kadinas
|
Mardi, S.Pd
|
Plt.
Sekretaris
|
Nugroho Tri
Hutomo, ST.MSc.MEng
|
Subag Program
|
Dra. Wiwik
Gunarsih
|
Subag
Keuangan
|
Asrodin, SE
|
Subag Umum
dan Kepegawaian
|
Agung Ratih K, S. Psi
|
Bidang pembinaan PAUD dan PNF
|
Hariyanto, S.Pd, M.Si
|
Seksi kurikulum dan penilaian
|
Hadi Subeno, SE, M.Si
|
Seksi kelembagaan, sarana, dan
prasarana
|
Sujatmiko, S.Pd,MM
|
Seksi peserta didik dan
Pembangunan karakter
|
Bambang Irawan, M.Pd
|
Bidang pembinaan SD
|
Muhammad Basroh, S.Pd
|
Seksi kurikulum dan penilaian
|
Susanto,S.Pd
|
Seksi kelembagaan, sarana, dan
prasarana
|
Agus Sugiyanto,S.Pd, M.Si
|
Seksi peserta didik dan
Pembangunan karakter
|
Drs. Achmad Sholchan, M.Pd
|
Bagian pembinaan SMP
|
Dra. Chotimah
|
Seksi kurikulum dan penilaian
|
Supriyanto,S.Pd
|
Seksi kelembagaan, sarana, dan
prasarana
|
Khoifin,S,Sos
|
Seksi peserta didik dan
Pembangunan karakter
|
Budiyono,S.Pd
|
Bidang Pembinaan Ketenagaan
|
Mursidah Suryati, SH
|
Seksi PTK PAUD dan PNF
|
Widi Sanyoto, S.Pd
|
Seksi PTK SD
|
Sami’un, S.Pd,MM
|
Seksi PTK SMP
|
Ir. Suharto
|
Bidang pembinaan pemuda dan
olahraga
|
Nur Rofik, S.Pd, MM
|
Seksi kepemudaan
|
Hariyanto, SE
|
Seksi keolahragaan
|
BAB III
PROSES
PELAKSANAAN
3.1. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
3.1.A. Waktu Pelaksanaan
Pelaksanaan
Praktik Kerja Industri ( Prakerin ) ditetapkan oleh sekolah mulai tgl 1 Maret 2017 s.d 26 Mei 2017, adapun jadwal
kegiatan adalah
Hari :
Senin s.d. Jum’at
Pukul : - Senin s.d.
Kamis Pukul 07.00 s.d 14.00
- Jum’at Pukul 07.00 s.d 11.00
3.1.B. Waktu Berakhirnya
Hari :
Jum’at
Tanggal : 26 Mei 2017
3.1.C.Tempat Pelaksanaan
Nama
Instansi : Dinas
Pendidikan, Pemuda, Dan
Olahraga Kabupaten Rembang
Alamat :
Jl. Pemuda Km. 2 Rembang
No. tlp
: (0295) 691326
3.2. Alat dan Bahan
1. Bolpoint
2. Penggaris
3. Buku
4. Tipe-X
5. Stapler
6. Staples
7. Penjepit Kertas
8. Komputer / Laptop
9. Printer
10. Kertas
11. Tinta
12. StopMap
3.3 Gambar Kerja
1. Menyiapkan rapat
Menyiapkan tempat rapat - menyiapkan daftar hadir - jika ada SPPD mintakan Ttd dan stempel.
2. Menerima telepon
Mengangkat telepon - mengucapkan salam - menanyakan siapa dan dari mana - menanyakan keperluan menelepon - memberikan kepada staf yang di tuju.
3.4. Proses
Pekerjaan
a. Membantu menyiapkan rapat
b. Membantu scan
c. Foto copy
d. Meminta nomor surat di bagian umum
e. Mengantarkan surat
f. Mengetik daftar hadir
3.5.
Implementasi Keselamatan Kerja
Keselamatan
kerja di DINDIKPORA Kab. Rembang sangatlah mengutamakan keselamatan kerja.
Terbukti apa yang di harapkan di sekolah tentang keselamatan kerja baik secara
teori maupun secara praktek, ternyata di DINDIKPORA lebih cenderung ke
implementasi prakteknya. Berikut adalah penerapan keselamatan kerja di
DINDIKPORA Kab.Rembang antara lain: a. Adanya AC & kipas angin di ruangan.
b.Habis
kerja barang di taruh pada tempat semula.
3.6. Hasil yang dicapai
Setelah selesai
kegiatan sesuai dengan yang di rencanakan dan yang kami susun untuk mendukung
tercapainya tujuan, maka hasil yang kami capai telah selesai berjalan lancar
meskipun terdapat kendala yang di hadapi. Kami berharap dengan adanya prakerin
akan memiliki keahlian profesional sesuai kurikulum sekolah sehingga tamatan
SMK di harapkan mempunyai ketrampilan, untuk terjun ke dunia kerja dan mampu
bersaing di era globalisasi ini dan menambah wawasan bagi kami dengan adanya
prakerin memperluas mental sebelum bekerja dan mengerti bagaimana kerja dan
menangani masalah dalam mendiagnosa terlebih dahulu
BAB IV
HASIL ANALISA
4.1.Keterlaksanaan
4.1.a. Faktor Pendukung
Faktor pendukung yang ada di
DINDIKPORA Kab. Rembang dalam pelaksanaan prakerin antara lain:
a. Fasilitas peralatan yang ada
sangat mendukung.
b. Pembimbingan kepada peserta
prakerin oleh pihak usaha sangat baik.
c. Ruangan cukup luas.
d. Peralatan yang memadai.
e. Para pegawai yang ramah
4.1.b. Faktor Penghambat
a.
Di tempat praktek kadang-kadang tidak ada pekerjaan.
4.2. Manfaat Yang Dirasakan
Melalui
pelaksanaan praktek kerja industri ( prakerin ) ada beberapa manfaat yang
dirasakan antara lain :
1. Mempraktekan teori dan praktek
yang didapatkan di sekolah dalam dunia kerja.
2. Menambah wawasan dalam dunia
kerja.
3. Meningkatkan kedewasaan siswa.
4. Mengetahui seluk beluk dunia
kerja.
5. Lebih disiplin.
6. Mengetahui dalam menangani
problem yang dialami dalam praktek.
7. Dapat mengetahui secara
professional penanganan surat.
8. Mengetahui cara bagaimana
menghormati tamu/pengunjung.
4.3. Pengembangan atau Tindak Lanjut
1. Akan mengembangkan lagi di
sekolah sesuai dengan apa yang telah didapatkan di dunia usaha dan industry.
2. Akan mengamalkan apa yang
didapatkan di tempat praktek kepada teman-teman.
3. Mengusulkan kepada sekolah
agar meningkatkan lagi kemampuan siswa dalam menghadapi pelaksanaan prakerin.
4. Lebih mempraktekan lagi
yang didapat dalam prakerin.
5. Bersama teman-teman
mempraktekan apa yang sudah didapat
6. Lebih baik dalam mengatasi
masalah yang di hadapi kurikulum yang kita geluti.
BAB
V
PENUTUP
a. Kesimpulan
Pembelajaran di dunia kerja dan industri adalah suatu
strategi yang memberi peluang kepada peserta mengalami proses belajar melalui
bekerja langsung pada pekerjaan sesungguhnya. Dengan adanya prakerin penulis
dapat merasakan bagaimana pelaksanaan praktek langsung di lingkungan dunia
kerja yang langsung di bimbing oleh pihak perusahaan.
Bahkan
kami dapat mengukur sejauh mana penguasaan ilmu yang di dapatkan di sekolah. Di
DINDIKPORA Kab. Rembang setelah melaksanakan prakerin selama kurang lebihnya 3
bulan dari tanggal 1 Maret sampai 26 Mei 2017 kami dapat menyimpulkan beberapa
hal sebagai berikut :
1. Selama pelaksanaan prakerin saya
mendapatkan ilmu baru dalam mengoprasikan computer.
2. Mengenal beberapa karakter
pengunjung sehingga nantinya tidak akan kaget dalam menghadapi dunia kerja .
3. Mendapatkan pengetahuan dalam
lingkup kerja yang sebenarnya
b. Saran
a).Saran untuk pihak industri.
1.
Memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen bagi kepuasan konsumen.
2.
Mungkin perlu di adakannya absen rutin bagi karyawan.
3.
Lebih bisa menghargai mahasiswa ataupun siswa prakerin.
b). Saran untuk sekolah.
1.
Memberi bekal ilmu lebih banyak kepada siswa sebelum prakerin.
2.
Lebih memperhatikan siswa yang sedang melaksanakan prakerin.
3.
Meninjau kegiatan-kegiatan apa saja yang di lakukan siswa saat melaksanakan
prakerin.
Top 100 casino games to play - DrMCD
BalasHapusThe 통영 출장샵 games included include Blackjack, 나주 출장샵 Roulette, Roulette, Video Poker, Keno, Video Poker, and video 김포 출장안마 slots. You can also 경상남도 출장샵 bet on the best games 전주 출장마사지 from your